a)
Peralatan/perlengkapan
kantor (office supplies)
Peralatan/perlengkapan
adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan
kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesei lebih
cepat, lebih tepat dan lebih baik. Peralatan/perlengkapan kantor dibedakan
menjadi dua, yaitu:
Paralatan/perlengkapan kantor
dilihat dari bentuknya :
1. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk lembaran
Perlatan/perlengkapan kantor yang berbentuk
lembaran/helaian, yaitu kertas HVS, kertas folio
bergaris, kertas karbon, kertas stensil, formulir, kertas berkop, plastik
transparan, kertas karton, kertas
buffalo, amplop dan map.
2. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk nonlembaran
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk
nonlembaran (bukan berupa kertas lembaran), yaitu pulpen, pensil, spidol,
penghapus, penggaris, rautan, gunting, pemotong kertas (cutter), pembuka surat
(letter opener), pelubang kertas dll.
3. Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku
Peralatan/perlengkapan kantor yang berbentuk buku,
antara lain :
a.
Buku catatan
(block note), yaitu buku untuk menulis catatan harian sekretaris.
b.
Buku pedoman
organisasi, yaitu buku panduan tentang informasi yang berkaitan dengan
organisasi, mulai sejarah, struktur, produk dan jasa, hingga prosedur kerja.
c.
Buku tamu, yaitu
buku yang digunakan untuk mencatat tamu yang datang ke perusahaan.
d.
Buku agenda
surat, yaitu buku yang mencatat keluar masuknya surat sehari-hari.
Peralatan/perlengkapan kantor
dilihat dari penggunaannya :
1.
Barang habis
pakai
2.
Barang habis
pakai adalah barang/benda kantor yang pengguanaannya hanya satu/beberapa kali
pakai atau tidak tahan lama. Contoh : kertas, tinta, karbon, klip, pensil dan
pulpen.
3.
Barang tidak
habis pakai
Barang yang
tidak habis pakai adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan lama.
Contoh : stapler, perforator, cutter, dan gunting.
b)
Mesin-mesin
kantor (office machine)
Mesin-mesin kantor (office machine) adalah alat yang
digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam
pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh :
komputer, laptop, LCD, mesin tik manual dan elektrik, mesin fotocopy, dll.
c)
Mesin komunikasi
kantor
Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang
digunakan untuk melakukan komunikasi, baik di lingkungan organisasi sendiri
maupun ke luar organisasi. Contoh : telepon, interkom, faksimile dan telepon
wireless.
d)
Perabot kantor
(office furniture)
Perabot kantor adalah benda-benda kantor yang
terbuat dari kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor.
Contoh : meja, kursi, sofa (meja dan kursi untuk tamu), rak buku, lemari, papan
tulis dlL.
e)
Interior kantor
(office arrangement)
Interior kantor adalah
benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan
sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyeleseikan pekerjaan. Contoh
: gambar presiden dan wakil presiden, gambar lambang negara, bendera, struktur
organisasi, lukisan, patung, vas bunga, tanaman hidup maupun buatan, jam
dinding dll.
f)
Tata ruang
kantor (office lay out
Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan
kantor serta penyusunan alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas lantai
dan ruangan kantor yang tersedia sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan
kepada karyawan dan pekerja.
No comments:
Post a Comment